Minggu, 12 November 2017

Apa Penyebab Dan Ciri-Ciri Infeksi Saluran Empedu

Apa Penyebab Dan Ciri-Ciri Infeksi Saluran Empedu

 Apa Penyebab Dan Ciri-Ciri Infeksi Saluran Empedu

Selamat datang didalam artikel kami yang akan membahas mengenai tentang penyebab dan ciri-ciri dari penyakit infeksi saluran empedu. Nah untuk Anda yang menderita penyakit infeksi saluran empedu kami akan memberitahukan penyebab terjadinya infeksi saluran empedu dan ciri-cirinya.. pengen tau kan ? pasti dong pengen tau!! 

Nah untuk itu simaklah penjelasan di bawah ini : 
Sebelum kami menjelaskan penyebab dan ciri-cirinya alangkah baiknya kami mengulas dulu tentang pengertian penyakit infeksi saluran empedu ?

Apa Penyebab Dan Ciri-Ciri Infeksi Saluran Empedu - Infeksi saluran empedu atau disebut sebagai cholangitis adalah peradangan yang terjadi di saluran empedu. Apa itu saluran empedu? Saluran empedu merupakan suatu saluran yang berfungsi mengantarkan cairan empedu yang berasal dari hati ataupun kantung empedu ke usus dua belas jari (duodenum). Di bagian dekat muara saluran empedu ini terdapat pula muara dari kelenjar pankreas. Jika saluran empedu mengalami infeksi, semisal karena adanya batu di saluran empedu maka terjadi infeksi saluran empedu.

Infeksi ini bisa meliputi seluruh saluran empedu dari bagian hulu ke hilir, yakni saluran empedu yang berasal dari hati sampai ke saluran empedu yang menuju usus dua belas jari atau duodenum. Sumber infeksi ini sendiri bisa berasal dari bakteri saluran cerna yang menyebabkan infeksi pada bagian saluran empedu.

Saluran empedu, yang terdiri dari organ dan saluran yang menghasilkan dan menyebarkan cairan empedu ke duodenum (usus kecil), adalah bagian penting dari system pencernaan. Saluran yang terdiri dari hati, pankeras, duodenum, dan saluran empedu umum serta perihilar ini juga dikenal sebagai pohon empedu atau system empedu. 

Cairan empedu yang disekresi oleh hati memiliki peran penting dalam pencernaan lemak. Pada awalnya, cairan ini disimpan dalam kantong empedu dan ketika sistem pencernaan menemukan adanya lemak, cairan empedu ini kemudian dikirimkan ke duodenum. Sayangnya, saluran empedu rentan terhadap segala macam gangguan, seperti halnya bagian tubuh lainnya. 

Salah satu gangguan yang paling umum terjadi adalah obstruksi/penyumbatan yang disebabkan oleh batu empedu. Dalam kasus ini, empedu tidak dapat melepeskan cairan empedu ke duodenum, sehingga muncul gangguan hati yang dapat menyebabkan gagal hati. Namun, saluran empedu yang tersumbat juga dapat disebabkan oleh factor lainnya seperti infeksi, jaringan parut, atau bahkan kanker. 

Masalah saluran empedu lainnya yang tidak begitu umum terjadi namun biasanya menyerang anak-anak adalah penyakit atresia bilier. Gangguan ini mungkin jarang terjadi, namun gangguan ini merupakan penyebab utama dari kebanyakan kasus transplantasi hati pada anak-anak di Amerika Serikat.

Nah itulah pengertian dari infeksi saluran empedu ( gangguan saluran empedu ). Untuk selanjutnya kami akan membahas penyebab dan ciri-cirinya di bawah ini :

Penyebab Terjadinya Infeksi Saluran Empedu

Umumnya, penyebab infeksi saluran empedu sendiri terjadi karena batu empedu yang disebut dengan nama batu kolesterol. Selain batu kolesterol ada juga yang dinamakan batu pigmen, yaitu sejenis dari batu empedu namun perannya masih belum terlihat jelas untuk tubuh manusia. Timbulnya batu empedu yang satu inilah yang kerap kali menyebabkan rasa sakit serta keluhan rasa yang tak nyaman bagi penderitanya. 

Berdasarkan ilmu medis sendiri biasanya penyakit infeksi saluran empedu ini dijumpai pada para wanita dengan tubuh agak gemuk dan obesitas. Biasanya, orang dengan tubuh gemuk mengalami penurunan garam empedu dalam darahnya, hal inilah yang menyebabkan kolesterol pada empedunya meningkat.

Apa Ciri-Ciri Infeksi Saluran Empedu ?

Ciri ciri infeksi saluran empedu yang sering kali terjadi adalah rasa nyeri yang sering disebut juga dengan kolik yang terjadi lebih dari 12 jam. Ciri ciri infeksi saluran empedu ini tidak berhenti sampai di situ. Ketika orang membiarkan rasa nyeri yang terjadi pada perut bagian kanannya, rasa sakit itu akan terjadi semakin berat ketika bergerak dan sekedar menarik nafas.

Gejala lebih parah ketika terjadi nyeri adalah munculnya demam. Deman terjadi sebagai reaksi dari infeksi bakteri yang sudah masuk ke peredaran darah. Akan tetapi berita baiknya seseorang yang menderta ciri ciri infeksi saluran empedu ini tetap dapat mencerna lemak dengan baik karena saluran kantung empedu tidak tersumbat.

Meskipun ciri ciri infeksi saluran empedu tidak berbahaya dalam segi pencernaan tapi bakteri dan virus yang masuk ke dalam darah lewat luka dari saluran empedu ini dapat menyebabkan bakteri menginfeksi organ lain yang dilewati oleh sistem pembuluh darah, seperti jantung, paru paru dan bahkan dapat masuk ke otak. Jika terjadi hal demikian, maka kemungkinan besar akan terjadi komplikasi yang lebih berbahaya.

Ciri ciri infeksi saluran empedu ini sendir dapat menjadi lebih parah. Parahnya infeksi ini bisa mencapai tahap borok atau luka yang tidak pernah sembuh atau bahkan bisa menyebabkan terjadinya kantong empedu yang pecah.

Itulah pembahasan dari kami yang mengenai penyebab dan ciri-ciri penyakit infeksi saluran empedu semoga bermanfaat bagi Anda semua dan jangan lupa baca juga artikel lainnnya.


Sekian Dan Terimakasih 

Posted By

Apa Penyebab Dan Ciri-Ciri Infeksi Saluran 

0 komentar:

Posting Komentar

Obat Herbal Asma Terbaik Terobosan Terbaru